ibu tolong aku…

Semenjak MPASI, ada 1 permasalahan yang selalu muncul setelahnya. adalah mengenai BAB. entah kenapa rania susah empup. makan pun ada sayurnya dan buah diusahakan ada diantaranya. setelah diselidiki suami, mungkin juga dari pola makan saya yang kurang sayur. jujur saja waktu itu saya memang kurang makan sayur. mau bagaimana lagi, saya makan masakan ketring. jadi apa yg saya pesan adalah sesuai menu mereka saat itu. mau request sayur saya merasa segan. akhirnya saya bikin menu sayur yg simple. adalah pecel. tinggal potong dan rebus. sampai beberapa hari saya masih bertahan. lama-lama bosan. akhirnya saya minum yakult kalau pada hari itu saya ga makan sayur. apakah rania langsung empup? tidak juga. sampai saya urut lembut perutnya, olah raga kaki seperti gowes sepeda. saya pun tanya sana sini dan tanya ke mbah gugel. beberapa menyarankan agar makan pepaya dan banyak minum air putih. sementara dokter kandungan saya menyarankan makan pepaya dan pisang ambon. letak permasalahannya, rania seperti anti makan pepaya. mencium aromanya saja mengisyaratkan ketidaksukaannya. akhirnya pisang ambon pilihan buah selanjutnya. jangan ditanya lagi, rania super doyan pisang. sementara minum air putih, rania belum bisa banyak. karena media yang digunakan untuk minum masih asing dimulutnya. seperti minum di gelas banyak yang tumpah daripada masuk ke tubuhnya, menggunakan sendok terlalu lama, dan menggunakan dot pun malah hanya digigit2 saja.

Pada akhirnya setelah beberapa hari ga empup rania pun empup juga, tapi empupnya keras dan sampai menangis. menatap matanya seolah berkata, “ibu tolong aku”. saya serba salah. tidak tau harus berbuat apalagi selain terus menenangkannya. 

pilihan terakhir pun dicoba. menghubungi dokter anak untuk konsultasi. dulu waktu kunjungan untuk vaksin, dokter pernah berkata bahwa anak susah BAB bisa juga karena alergi makanannya. tapi, masa iya alergi sayurdan buah. daging, telor, tahu tempe pun tidak sering. melalui pesan singkat, dokter menyarankan agar meminum obat jenis syrup (ga usah sebut merk lah ya) yang membantu melunakkan kotorannya selama 3 hari berturut2. cukup sehari sekali. alhamdulillah empupnya terbantu. meskipun, kelancaran itu tidak berlangsung lama. setidaknya kejadian itu membuat saya semakin care dengan rania. alhasil saya selang seling tekstur makanannya seperti pertama makan. yaitu pure dan besoknya setengah kasar. bisa jadi juga perut rania sedang beradaptasi. ya ga sih?

banyak hal yang harus disyukuri sekalipun kita ga bisa jalan2 ke mall, makan mewah, beli baju selama sebulan atau berbulan2. adalah kesehatan. alhamdulillah sekarang rania BAB sudah bisa normal. kelegaannya itu rasanya plooong sampai ke hati….

love u nak :*


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s